12 PAM : Kelompok Azzurri : ver 1.1/240706
System Definition (Revised)
Factor (new)
Function List
Do you Yahoo!?
Get on board. You're invited to try the new Yahoo! Mail Beta.
Restoran Blue Ocean merupakan restoran seafood yang terletak di Sudirman Plaza. Restoran ini beroperasi selama 12 jam, dimana jam kerjanya dibagi menjadi 2 shift. Setiap shift dibagi menjadi 12 orang karyawan, yang terdiri dari 1 kasir, 8 pelayan, dan 3 koki. Restoran ini menerapkan sistem bayar setelah makan, dimana pelanggan dipersilahkan memesan dan menyantap pesanannya terlebih dahulu, baru setelah itu membayar seluruh pesanannya.
Adapun prosedur pemesanannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu pesanan meja untuk makan di tempat, dan pesanan delivery melalui telepon untuk pesan antar. Untuk prosedur pesanan meja dimulai dengan pelanggan mengajukan pesanan melalui pelayan. Setiap pesanan tersebut dicatat dalam nota kecil pelayan. Setelah pelanggan selesai memesan, pelayan akan membuat pesanan tersebut pada order station (berbentuk PC ukuran sedang). Pelayan akan membuat pesanan pelanggan sesuai pada nomor meja pelanggan yang tertera pada layar. Lalu pelayan mencetak pesanan yang sudah dibuat di order station, dimana kertas pesanan tersebut akan tercetak di printer bagian dapur. Kertas pesanan tersebutlah yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh koki.
Dalam prosedur pesanan delivery, pelayan akan memeriksa terlebih dahulu data pelanggan. Apabila penelpon belum terdapat dalam data pelanggan, maka pelayan akan membuat lalu menyimpan data pelanggan terlebih dahulu, kemudian baru meminta pesanannya. Jika setelah diperiksa ternyata penelpon tersebut sudah terdaftar dalam data pelanggan, maka pelayan bisa langsung meminta pesanan terhadap penelpon tersebut. Setelah itu prosedurnya akan sama dengan pemesanan untuk makan di tempat, dimana pelayan akan membuat pesanan tersebut di order station dan mencetaknya di dapur untuk dibuatkan pesanannya oleh koki. Pelayan juga dapat merubah ataupun menghapus data pelanggan yang lama.
Setelah suatu pesanan siap dihidangkan, koki akan memberi tahu kepada pelayan untuk diantarkan ke meja yang sesuai dengan nomor meja yang tertera pada kertas pesanan, atau ke deliveryman untuk pesanan delivery. Pelanggan dapat memesan kembali atau merubah pesanan kepada pelayan dengan prosedur pemesanan yang sama, dimana jika ingin merubah pesanan harus dipastikan bahwa pesanan belum tercetak di printer bagian dapur, terkecuali dalam hal pemesanan lewat telepon.
Apabila pelanggan ingin bayar, maka pelayan akan menutup pesanan meja melalui order station dan mentransfer data pesanan ke kasir yang nantinya akan dibuat bon. Jika bon selesai dibuat, kasir akan menyimpannya dan mencetaknya. Setelah itu kasir akan memberitahu pelayan untuk mengantarkan kertas bonnya sesuai dengan nomor meja yang tertera pada bon. Pembayaran hanya dilakukan dengan uang kas, dimana setelah selesai transaksi, pelanggan akan menerima kertas struk serta kembalian jika ada. Struk dibuat, disimpan, dan dicetak oleh kasir sebagai data-data pendukung dalam laporan penjualan.
Functionality
Mendukung proses pemesanan dan pembuatan laporan penjualan.
Application
Pemesanan makanan, pencatatan penjualan dan data pelanggan.
Condition
Sering terjadi kesalahan dalam penyampaian dan pengelolaan informasi ataupun kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam proses bisnis restoran.
Technology
Telepon, PC (2 buah), dan printer.
Objects
Karyawan, dan pelanggan.
Responsibility
Administrative tools
Function List
Pendaftaran Pelanggan
Membuat pelanggan update simple
Update pelanggan update simple
Delete pelanggan update simple
Pemesanan
Membuat pesanan update simple
Update pesanan update simple
Delete pesanan update simple
Tutup pesanan update simple
Pembayaran
Membuat bon update simple
Update bon update simple
Cancel bon update simple
Calculate payment signal simple
Query struk read simple
Do you Yahoo!?
Get on board. You're invited to try the new Yahoo! Mail Beta.
0 Comments:
Post a Comment
<< Home