/* -- form Anapersis Dasar */

Sunday, July 23, 2006

12 PAM : Kelompok Azzurri : ver 1.1/240706

System Definition (Revised)

Restoran Blue Ocean merupakan restoran seafood yang terletak di Sudirman Plaza. Restoran ini beroperasi selama 12 jam, dimana jam kerjanya dibagi menjadi 2 shift. Setiap shift dibagi menjadi 12 orang karyawan, yang terdiri dari 1 kasir, 8 pelayan, dan 3 koki. Restoran ini menerapkan sistem bayar setelah makan, dimana pelanggan dipersilahkan memesan dan menyantap pesanannya terlebih dahulu, baru setelah itu membayar seluruh pesanannya.
 
Adapun prosedur pemesanannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu pesanan meja untuk makan di tempat, dan pesanan delivery melalui telepon untuk pesan antar. Untuk prosedur pesanan meja dimulai dengan pelanggan mengajukan pesanan melalui pelayan. Setiap pesanan tersebut dicatat dalam nota kecil pelayan. Setelah pelanggan selesai memesan, pelayan akan membuat pesanan tersebut pada order station (berbentuk PC ukuran sedang). Pelayan akan membuat pesanan pelanggan sesuai pada nomor meja pelanggan yang tertera pada layar. Lalu pelayan mencetak pesanan yang sudah dibuat di order station, dimana kertas pesanan tersebut akan tercetak di printer bagian dapur. Kertas pesanan tersebutlah yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh koki.
 
Dalam prosedur pesanan delivery, pelayan akan memeriksa terlebih dahulu data pelanggan. Apabila penelpon belum terdapat dalam data pelanggan, maka pelayan akan membuat lalu menyimpan data pelanggan terlebih dahulu, kemudian baru meminta pesanannya. Jika setelah diperiksa ternyata penelpon tersebut sudah terdaftar dalam data pelanggan, maka pelayan bisa langsung meminta pesanan terhadap penelpon tersebut. Setelah itu prosedurnya akan sama dengan pemesanan untuk makan di tempat, dimana pelayan akan membuat pesanan tersebut di order station dan mencetaknya di dapur untuk dibuatkan pesanannya oleh koki. Pelayan juga dapat merubah ataupun menghapus data pelanggan yang lama.
 
Setelah suatu pesanan siap dihidangkan, koki akan memberi tahu kepada pelayan untuk diantarkan ke meja yang sesuai dengan nomor meja yang tertera pada kertas pesanan, atau ke deliveryman untuk pesanan delivery. Pelanggan dapat memesan kembali atau merubah pesanan kepada pelayan dengan prosedur pemesanan yang sama, dimana jika ingin merubah pesanan harus dipastikan bahwa pesanan belum tercetak di printer bagian dapur, terkecuali dalam hal pemesanan lewat telepon.
 
Apabila pelanggan ingin bayar, maka pelayan akan menutup pesanan meja melalui order station dan mentransfer data pesanan ke kasir yang nantinya akan dibuat bon. Jika bon selesai dibuat, kasir akan menyimpannya dan mencetaknya. Setelah itu kasir akan memberitahu pelayan untuk mengantarkan kertas bonnya sesuai dengan nomor meja yang tertera pada bon. Pembayaran hanya dilakukan dengan uang kas, dimana setelah selesai transaksi, pelanggan akan menerima kertas struk serta kembalian jika ada. Struk dibuat, disimpan, dan dicetak oleh kasir sebagai data-data pendukung dalam laporan penjualan.
 
Factor (new)

 
Functionality
Mendukung proses pemesanan dan pembuatan laporan penjualan.
 
Application
            Pemesanan makanan, pencatatan penjualan dan data pelanggan.
 
Condition
            Sering terjadi kesalahan dalam penyampaian dan pengelolaan informasi ataupun kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam proses bisnis restoran.
 
Technology
            Telepon, PC (2 buah), dan printer.
 
Objects
            Karyawan, dan pelanggan.
 
Responsibility
            Administrative tools


Function List


Pendaftaran Pelanggan
Membuat pelanggan                  update              simple
Update pelanggan                     update              simple
Delete pelanggan                      update              simple
 
Pemesanan
Membuat pesanan                     update              simple
Update pesanan                        update              simple
Delete pesanan                         update              simple
Tutup pesanan                          update              simple
 
Pembayaran
Membuat bon                           update              simple
Update bon                              update              simple
Cancel bon                               update              simple
Calculate payment                    signal                simple
Query struk                              read                 simple



Do you Yahoo!?
Get on board. You're invited to try the new Yahoo! Mail Beta.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home