/* -- form Anapersis Dasar */

Monday, July 24, 2006

Summary Usage

Summary Usage

Tujuan Usage : Untuk menentukan bagaimana actor berinteraksi dengan sebuah sistem.

Actor : Abstraksi dari user atau sistem lain yang berinteraksi dengan target sistem .
- Actors adalah orang yang melakukan suatu kegiatan.

Usecase adalah pola interaksi antara actor dan system dalam application domain.
- Ikuti proses bagaimana pekerjaan akan dilakukan.

Dasar Usage Analysis
• Tentukan application domain dengan use cases.
• Evaluasi use case bekerja sama dengan users.
• Perhatikan perubahan organisasi yang dapat mengubah application domain

Menentukan Actors dan Use Cases
• Berdasarkan pekerjaan dan pembagian pekerja
• Identifikasikan actors
– Perhatikan seseorang yang berperan dengan peran yang sama
– Terapkan pada sistem seperti pada orang atau user
• Menerangkan actor
– Masukan tujuan actor, karakteristik dan contoh
• Jelaskan use cases
– Gunakan statecharts dan atau dengan kalimat
– Buatlan sederhana dan tanpa detil yang tidak diperlukan

Analisis Pekerjaan
• Perlu mengerti hubungan dari sistem pada application domain
– Pekerjaan apa yang ada didalam application domain?
– Bagiaman pembagian pekerjanya?
– Bagaimana pekerjaan yang berbeda dapat dihilangkan ?
• Jangan terlalu menekankan cara kerja sekarang
• Hasil utama adalah daftar yang lengkap dari pekerjaan di application domain

Use Case dan Struktur Actor
• Perlu menghubungkan use case dan actor satu sama lain
• Dapat dilakukan dengan ‘Actor table’, tetapi hanya untuk associations
• Dapat juga dilakukan dengan ‘Use Case Diagrams’
– Mempunyai actors dan use cases
– Gunakan structure untuk menghubungkan antara actor seperti pada ‘Class Diagram’

Statechart diagram mendefinisikan perbedaan status pada interaksi dan perbedaan cara – cara sistem atau actor dalam mengubah status.

Usecase yang sama dapat dikelompokan menjadi satu, namanya Groups of usecases.

Explore Use Case Patterns
1. The procedural pattern
Pola ini digambarkan dalam bentuk state – state yang berurutan.
– General pattern for insuring that steps in a process or a sequence of rules are followed
2. The material pattern
Pola usecase dimana proses – prosesnya dan action – actionnya terhubung
dengan general state.
– General pattern when there are few rules to follow, i.e. actions can be taken in any order
– May possibly have some small action sequences specified as side patterns

0 Comments:

Post a Comment

<< Home